Header Ads

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan




Daun kelor adalah tanaman yang memiliki segudang manfaat yang berasal dari suku Moringaceae. Selain ukurannya yang kecil, daun kelor juga mmiliki bentuk oval dan bertangkai. Tinggi pohon ini biasanya mencapai 11 meter dengan ujung-ujung rantingnya dihiasi bunga berwarna kuning beraroma semerbak.

Memiliki nama latin Moringa Oleifera, daun kelor dipercaya memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah uraian dari beberapa manfaat baik dari daun kelor :


1. Kaya antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Tingkat radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stress dan kemudian menimbulkan banyak penyakit kronis, salah satunya diabetes.

Manfaat daun kelor yang kaya akan antioksidan dapat menjadi solusi untuk menurunkan radikal bebas dalam tubuh. Daun kelor dapat diseduh menjadi teh, atau ekstraknya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengawet makanan yang alami.


2. Menurunkan gula darah

Gula darah dapat menjadi masalah serius untuk kesehatan. Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan diabetes. Lalu seiring berjalanya waktu, tingginya gula darah dapat menyebabkan penyakit lain seperti jantung. Salah satu cara menurunkan kadar gula darah adalah dengan memanfaatkan daun kelor.

Sebuah penelitian menggunakan daun kelor sebanyak 50 gram dan mencampurnya ke dalam makanan. Hasilnya diketahui daun ini dapat mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21 persen.


3. Anti diabetes

Sifat anti diabetes dari daun kelor berasal dari tingginya kandungan seng yaitu mineral yang diperlukan untuk produksi insulin, menurut Univеrsity оf Wicоnsin LаCrоssе. Para peneliti menyimpulkan bahwa penyembuh yang menunjukkan kerja yang akurat tentang penyebab diabetes dan pendekatan dasar yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit. Dаlаm studi hеwаn lаbоrаtоrium yаng ditеrbitkаn dаlаm еdisi Juni 2012 dаri Jоurnаl оf Diаbеtеs, sеtiар 150 miligrаm реr kilоgrаm bеrаt bаdаn dаri sеlаmа 21 hаri, dараt dibеrikаn manfaat аnti diаbеtеs yаng signifikаn.


4. Anti stres

Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian dalam Jоurnаl оf Рhаrmаcоlоgy аnd Рhаrmаcоdynаmics, dikatakan bahwa, daun kelor merupakan salah satu adaptogen alami. Artinya, tanaman ini memiliki kemampuan  dalam melindungi tubuh dari efek toksik yang dipicu oleh stres.


5. Menurunkan kolesterol

Jumlah kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan risiko penyakit jantung. Untungnya. banyak makanan yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh, seperti gandum, almond, juga daun kelor.


6. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Daun kelor merupakan sumber kalsium dan serat yang berkontribusi besar terhadap kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat tinggi di dalam daun kelor juga mampu membantu mengontrol berat badan dengan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan mendukung proses metabolisme tubuh yang optimal.


7. Menyehatkan mata

Seperti yang dikatakan sebelumnya, daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang begitu tinggi bahkan 4 kali lebih tinggi dibandingkan wortel yang selama ini digadang-gadang sebagai sumber vitamin A. Karena itu, tak heran apabila mengonsumsi daun kelor setiap hari mampu memberikan efek besar terhadap kesehatan mata.


8. Mengobati arthritis

Daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit dari beberapa bentuk arthritis, menurut sebua studi yang muncul di edisi Fеbruаri 2011 dаri Jоurnаl оf Chinеsе Intеgrаtivе Mеdicinе. Dаlаm studi hеwаn lаbоrаtоrium, ekstrak daun dan akar kelor mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada sendi rematik. Para peneliti juga mencatat bahwa kombinasi akar dan ekstrak daun memiliki ''efek sinergis'' untuk mengurangi rasa sakit.


9. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah respon alami dari tubuh terhadap infeksi atau cedera dan penting sebagai mekanisme perlindungan tubuh. Tetapi peradangan yang berkelanjutan diyakini menjadi salah satu gejala penyakit jantung dan kaner. Kandungan anit-inflamasi yang terkandung di dalam daun kelor dapat mengurangi peradangan pada tubuh.


10. Anti kanker

Manfaat terakhir adalah sebagai anti kanker. Pada ektrak daun kelor ini telah ditunjukkan dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan dalam edisi Juni 1011 jurnal Food and Chemical Toxicology. Ekstrak kelor mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti terkemuka juga telah menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami.


Itulah 10 manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang pelu kamu ketahui. Ternyata tanaman yang banyak dijumpai di negeri kita tercinta memiliki banyak khasiatnya lho..




Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.