Header Ads

Apakah Daging Kambing Bisa Mempengaruhi Tekanan Darah Kita? Inilah Penjelasannya



AnalisaQQ™ - Mungkin kamu pernah dengar kalau makan daging kambing bikin tekanan darah naik. Itu sebabnya, sebagian orang dengan tekanan darah tinggi akan menghindari makan daging kambing. Sementara, orang dengan darah rendah akan sering-sering memakannya. Namun, benarkah begitu? Berikut fakta-faktanya.


1. Sebenarnya, makan daging kambing gak benar-benar bikin tekanan darahmu naik

Orang dengan tekanan darah rendah yang makan daging kambing sebenarnya gak akan merasakan efeknya secara nyata, apalagi bisa mengobatinya. 


2. Mitosnya, daging kambing memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, nyatanya kandungannya gak lebih tinggi dari ayam dan sapi

Daging kambing disebut-sebut memicu tekanan darah tinggi karena lemak jenuhnya, padahal kandungan ayam dan sapi lebih besar. Dilansir dari Live Strong, kadar lemak jenuh pada 100 gram daging kambing mentah adalah 0,71 gram, daging ayam sekitar 2,5 gram dan daging sapi sekitar 6 gram. Dari kandungan tersebut, daging kambing jauh lebih rendah. 


3. Kolesterol kambing pun lebih rendah daripada ayam dan sapi

Selain lemak jenuh, kolesterol pun digadang-gadang menyebabkan komplikasi pada tubuh, seperti penyakit jantung. Nyatanya, kandungan kolesterol pada 100 gram daging kambing adalah 57 mg. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dari daging ayam sekitar 83 mg dan daging sapi sekitar 89 mg. 


4. Sebenarnya, belum ada bukti nyata bahwa daging kambing bisa menyebabkan perubahan tekanan darah yang signifikan

Dilansir dari Australian Journal of Animal Sciences 2014, kenaikan tekanan darah setelah makan daging kambing lebih kecil dibandingkan daging ayam atau sapi. 


5. Sebenarnya, cara memasak kambinglah yang menyebabkan tekanan darah naik

Perlu disadari bahwa kenaikan tekanan darah itu bukan benar-benar karena daging kambing, melainkan cara mengolah atau memasaknya. Itu karena daging kambing banyak dicampur dengan garam, minyak goreng, margarin atau mentega selama proses memasak. Itu sebabnya kandungan lemak jenuhnya bisa sangat banyak.


6. Daging kambing sebenarnya memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh

Tiap porsinya, daging kambing mengandung satu gram lemak tak jenuh. Lemak tersebut berguna untuk menyeimbangkan kadar kolesterol darah. 


7. Sementara, daripada makan daging kambing, pengidap tekanan darah rendah lebih baik mengonsumsi makananan yang lebih aman

Ada banyak cara untuk menaikkan tekanan darah. Beberapa contohnya dengan makan buah dan sayuran yang mengandung banyak air serta cukup mengonsumsi garam (natrium). Bisa juga dengan menghindari kebiasaan terlalu lama berdiri dan gantikan dengan duduk bersila. Hindari juga konsumsi alkohol ya.

Terakhir, untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan tepat, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter. Dokter mungkin akan memberi resep obat berupa fludrocortisone atau midodrine untuk menaikkan tekanan darahmu.




Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.