Header Ads

Masuk Angin? Jangan Langsung Kerokan, Coba Konsumsi 7 Makanan dan Minuman ini!




AnalisaQQ™ - Salah satu penyakit yang sering di derita oleh orang Indonesia ialah gejala masuk angin. Meski istilah ini tergolong aneh bagi masayarakat di negara lain, gejala masuk angin sebenarnya merupakan reaksi tubuh ketika sistem imun mulai menurun. 

Kerokan seringkali dianggap sebagai jalan untuk mengatasi masuk angin. Padahal cara tersebut sebenarnya tidaklah bagus karena membuat pori-pori kulit terbuka. Penggunaan obat kimia juga sebaiknya dihindari agar tubuh tidak selalu bergantung pada obat. Nah, berikut ramuan alami yang bisa kamu konsumsi untuk mengusir gejala masuk angin!


1. Yogurt

Salah satu makanan asam yang nikmat ini ternyata kaya akan bakteri baik yang bisa menyembuhkan flu kamu. Yogurt sangat ampuh untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Tapi yang perlu diperhatikan ialah memilih yogurt yang memiliki kandungan bakteri hidup di dalamnya, bukan sekedar minuman yogurt kaya rasa.


2. Makanan pedas

Bagi para pecinta pedas, kabar baik nih buat kamu yang sedang masuk angin. Makanan pedas ternyata bisa mengobati masuk angin karena sebagai anti peradangan saluran pernapasan. Makanan pedas yang dianjurkan ialah jangan sampai justru membuat iritasi pada lambung.


3. Madu dan lemon

Kombinasi antara madu dan lemon sangat baik dikonsumsi ketika kamu sedang mengalami daya tahan tubuh yang menurun. Madu yang kaya akan antioksidan dan lemon yang kaya akan vitamin C merupakan paduan yang bisa meningkatkan sistem imun. Campurkan madu dan lemon dengan segelas air dengan komposisi 2:1 agar rasanya tak terlalu masam. 


4. Teh hijau

Kandungan teh yang kaya akan radikal bebas bisa membuat tubuhmu secara perlahan mampu melawan virus dari luar tubuh. Pilihlah teh hijau yang tanpa kafein dan mengandung polifenol. Teh dengan kedua kandungan tersebut lebih ampuh dibandingkan dengan teh hijau biasa. 


5. Sari jahe

Sifatnya yang pedas membuat jahe seringkali menjadi andalan banyak orang untuk menghangatkan badan. Hal ini tentu tidaklah salah mengingat jahe mengandung senyawa gingerols yang berfungsi sebagai anti peradangan. Minumlah air hangat yang diberi irisan jahe sehari dua kali. Agar khasiatnya lebih ampuh, hindari gula. 


6. Sup ayam

Hangat dan nikmat. Sup ayam kaya akan asam amino yang mengandung acetylcysteine dan terbukti bisa mengatasi bronkitis. Ketika mengolah sup ayam lebih baik hindarilah penggunaan penyedap rasa. Memang tak senikmat sup ayam pada umumnya, namun demi kesehatan kamu perlu berkorban dengan mengonsumsi makanan yang sehat.


7. Bawang putih

Bagi sebagian orang, bawang putih bisa jadi momok yang menyeramkan. Padahal bawang putih kaya senyawa allicin yang sangat baik buat kamu yang sedang mengalami kondisi badan yang kurang fit. Agar tak terasa menyiksa, olah bawang putih dengan berbagai macam masakan. Dijamin kamu tidak akan terasa saat mengonsumsi bawang putih. 

Sangat mudah bukan mengobati gejala masuk angin dengan bahan-bahan di atas? 





Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.