Header Ads

5 Kebiasaan yang Buat Jantungmu Lebih Tua Dari Usiamu!



AnalisaQQ™ - Pernah dengar istilah ‘young at heart’? Bukan hanya bermakna berjiwa muda, istilah ini juga bermakna tetap muda walau usia bertambah. Tapi, menjalani kebiasaan yang buruk tentu membuat kesehatanmu juga buruk, terutama pada jantung. Penyakit jantung pun bisa dialami siapa saja termasuk anak muda. Biasanya, hal ini disebabkan oleh gaya hidupmu yang ‘berantakan’. Untuk itu, ketahui kebiasaan buruk ini yang membuat jantungmu lebih tua daripada umurmu. Yuk simak!


1. Makanan berlemak

Makanan berlemak memang menjadi favorit bagi kebanyakan orang. Tentu, kamu tahu kan seberbahaya apa makanan tersebut? Nah, selain membuat tubuhmu jadi nggak sehat, ternyata makanan berlemak juga bisa membuat usia jantungmu lebih tua dari usiamu sendiri lho. Hal ini karena lemak membuat kolesterol dalam tubuhmu menjadi tinggi. Nah, semakin tinggi kolesterolmu semakin tua usia jantungmu. Yuk, kurangi makanan berlemak!


2. Jarang berolahraga

Kamu pasti bosen deh dengan kalimat “Makanya, sering olahraga biar sehat”. Iya sih guys, kalimat ini emang terkesan klasik dan kuno. Tapi, kalau kamu malas berolahraga dan sering makan makanan nggak sehat, tubuhmu jadi sarang penyakit lho. Apalagi bagi kesehatan jantung. Kalau kamu jarang olahraga, otot jantungmu akan lemah sehingga menyebabkan usia jantungmu lebih tua daripada usiamu lho.


3. Tidak perdulikan tekanan darahmu

Terkadang, kamu mengabaikan tekanan darahmu sendiri baik tinggi maupun rendah. Padahal ada beberapa hal yang akan terjadi kalau kamu tidak pedulikan tekanan darahmu sendiri lho. Seperti usia jantungmu yang lebih tua dari usiamu sendiri. Jika darahmu tinggi dan melebihi 120/80 mm Hg, maka hal ini akan membuat jantungmu lebih cepat menua. Maka, mulai perhatikan tekanan darah dan coba membuatnya stabil ya!


4. Merokok dan terpapar asap rokok

Sudah tidak diragukan lagi kalau dampak negatif dari merokok itu banyak banget, Guys. kamu yang sampai saat ini masih merokok, coba mulai berhenti deh. Soalnya, selain berdampak pada paru-parumu yang menghitam, ini juga berdampak pada kesehatan jantungmu lho. Asap rokok akan membuat jantung melemah dan malah bikin jantungmu jadi lebih tua. Nggak cuma buat perokok aja, untuk yang tidak merokok namun masih terpapar asap rokok pun akan kena dampaknya. Duh, seram kan?


5. Merasa tak masalah punya berat badan lebih

Percaya diri memang tak diukur dari seberapa bagus tubuh kamu atau seberapa tinggi badan kamu. Memiliki tubuh gemuk juga bisa percaya diri asal sehat guys. Tapi, kebanyakan orang mengabaikan massa tubuhnya dan tetap bangga. Padahal, di balik tubuh gemukmu itu, menyimpan banyak efek negatif seperti usia jantungmu yang akan cepat menua. Hal ini karena jantung nggak sanggup memompa dengan kuat, guys.

Duh, gawat banget kan guys? Kalau dari tadi kita bahas soal “usia jantung lebih tua”, pasti kamu penasaran deh kok bisa sih usia jantung lebih tua dari usia biologis? Ternyata bisa lho! Misalnya usia kamu 22 tahun, dan usia jantung kamu jadi 27 tahun. Semua ini tergantung dari kebiasaan kamu yang sudah disebutkan di atas.

Kamu harus banget tahu, guys, kalau memiliki usia jantung yang lebih tua dari usia biologismu itu sangat berbahaya lho. Kamu bisa saja memiliki sakit jantung di usia muda. Duh, pasti nggak enak banget deh. Nah, kamu harus perhatikan tekanan darah tinggi (di atas 140/90 mmHg), gula darah tinggi (di atas 150 mg/dL), obesitas (indeks massa tubuh di atas 27), dan aktif merokok.

Sekarang, coba deh ketahui dulu berapa usia jantungmu di sini Kalau usia jantungmu lebih tua dari usia biologismu, sudah tahu kan harus ngapain? Yups! Ubah pola hidupmu menjadi lebih sehat dengan rajin berolahraga, makan makanan yang sehat dan bernutrisi, serta istirahat yang cukup. Selamat mencoba!




Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.