Header Ads

'Black Panther' Jadi Film Superhero Pertama yang Masuk Best Pictures Oscar



Jakarta - 10 tahun lalu, 'The Dark Knight' yang digarap Christopher Nolan membuat perubahan besar di ajang Academy Awards. Sebuah film superhero masuk dalam nominasi Oscar.

Kini sejarah terulang kembali ketika 'Black Panther' dinominasikan masuk dalam kategori Best Pictures. Namun merupakan sejarah baru karena 'Black Panther' untuk pertama kalinya dalam sejarah Oscar masuk dalam deretan kategori utama.



Marvel Studio memang berjuang begitu keras agar filmnya itu masuk Oscar. Mereka mendesak Oscar untuk membuat kategori baru yaitu 'popular film'. 

Dengan raihan US$ 700 juta di Amerika Serikat, film yang disutradarai oleh Ryan Coogler itu menjadi yang terlaris ketiga tertinggi sepanjang masa. Di seluruh dunia, film itu menghasilkan US$ 1,3 miliar.



Itu berarti, 'Black Panther' merupakan film terlaris ketiga yang masuk dalam nominasi Oscar, di belakang 'Avatar' dan 'Titanic' karya James Cameron.

Terlepas dari suksesnya mengundang penonton, 'Black Panther' memang mendapat dukungan besar dari kritikus film. Pesan budaya yang ditampilkan disebut-sebut membantu mereka untuk mengangkat film genre superhero ke deretan teratas.



Mungkin sudah waktunya Academy Awards membuka lebar pintu mereka. Meski tahun lalu, 'Logan' yang ditulis oleh James Mangold, juga menjadi superhero pertama yang masuk dalam nominasi 'Best Adapted Screenplay'.

'Black Panther' masuk dalam nominasi 'Best Picture', 'Best Costume Design', 'Best Original Score', 'Best Original Song', 'Best Sound Editing', 'Best Sound Mixing'.

Di nominasi Best Picture, 'Black Panther' bakal bersaing dengan 'BlacKkKlansman', 'Bohemian Rhapsody', 'The Favourite', 'Green Book', 'Roma', 'A Star Is Born' dan 'Vice'. 


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.