Header Ads

Sering Bermimpi Buruk? Mungkin 5 Hal Ini yang Menjadi Pemicunya!



AnalisaQQ™ - Waktu tidur adalah saat di mana kamu bisa mengistirahatkan diri sendiri. Oleh karenanya, mendapatkan kualitas tidur yang baik pasti diinginkan oleh semua orang termasuk kamu. Sayangnya mimpi buruk terkadang jadi pengganggu. Boro-boro tidur nyenyak, kamu malahan tak mendapatkan durasi tidur yang cukup.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan seseorang bisa bermimpi buruk di malam hari? Usut punya usut, ada beberapa faktor yang mendasarinya. Ini dia 5 hal yang dapat memicu kamu alami mimpi buruk di malam hari.


1. Punya kebiasaan makan sebelum kamu tertidur

Meski bisa menghalau rasa lapar, konsumsi makanan tepat sebelum tidur dapat menyebabkan mimpi buruk, lho. Perut yang penuh dengan makanan akan memicu metabolisme, suhu tubuh, serta aktivitas otak. Itulah mengapa mimpi buruk dapat terjadi.

Sebuah studi dari British Cheese Board mengklaim bahwa makanan yang memberi dampak besar pada mimpi buruk adalah susu, keju, es krim, beserta makanan pedas. 


2. Buruk bagi kesehatan, terlalu banyak konsumsi alkohol juga bisa sebabkan mimpi buruk

Selain konsumsi makanan sebelum tidur, alkohol juga jadi pemicu datangnya mimpi buruk. Ketika kamu gemar meminum alkohol, gerakan mata cepat (REM) akan terganggu sepanjang malam dan sebabkan mimpi buruk.

Nah, ada baiknya kamu kurangi kebiasaan meminum alkohol terlalu sering karena selain jadi penyebab mimpi buruk, hal tersebut juga tidak baik untuk tubuh.


3. Kurang jam tidur sudah jadi bagian hidupmu

Manusia butuh waktu tidur yang cukup per malamnya. Ketika kamu kurang tidur, selalu ada risiko di balik itu. Selain tak baik bagi kesehatan fisik dan mental, mimpi buruk bisa menghantuimu kalau kekurangan jam tidur.

Dilansir dari Bustle.com, seorang pelatih ilmu tidur bersertifikat, Chris Brantner menyarankan agar kamu selalu punya kualitas tidur yang baik. Untuk melakukannya, kamu bisa biasakan ritual self-care sebelum tidur. 


4. Tidak menetapkan waktu tidur dan bangun yang konsisten

Ternyata punya jadwal tidur dan bangun yang konsisten ampuh bikin kualitas tidurmu membaik, lho. Hal ini juga sekaligus mengusir semua mimpi buruk yang sering kamu alami. Supaya berhasil, atur jadwal tidurmu dengan baik.

Jauhkan dirimu dari hal yang kemungkinan bisa bikin melek sepanjang malam. Biasanya tidur dalam waktu yang konsisten dapat membuatmu bangun pada jam yang teratur pula.


5. Banyak merasakan stres dan cemas dalam hidup

Saat kamu mengalami mimpi buruk, coba ingat-ingat apakah selama ini kamu sering stres atau merasakan kecemasan. Sebab datangnya mimpi buruk bisa jadi karena dua faktor tersebut.

Kalau sudah begini, kamu harus cepat-cepat mengatasi apa yang tengah mengganggu pikiranmu. Perbanyak lakukan kegiatan yang bisa mengurangi cemas dan stres biar tidurmu jadi makin nyenyak tanpa ada mimpi buruk. 

Ternyata mimpi buruk dapat muncul karena 5 pemicu tadi. Kalau mau berhenti mimpi buruk, kamu bisa atasi dengan hentikan hal-hal yang memicunya terjadi.




Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.