Header Ads

Nonton Timnas Juara AFF Efeknya ke Jantung Sama Seperti Olahraga

Gambar terkait

Jakarta - Ikut menyaksikan keseruan Timnas U-22 saat mengungguli Thailand di Final Piala AFF? Selamat, tanpa harus berkeringat di lapangan ternyata kamu sudah 'mengolahragakan' jantung!

Nonton TV umumnya memang dikategorikan sebagai aktivitas sedentari alias malas-malasan. Tapi saat menonton pertandingan olahraga, anggapan itu tidak berlaku walaupun sama-sama dilakukan sambil duduk di depan TV.

Pada Piala Dunia 2018 lalu, para pengguna Apple Watch mencatat peningkatan denyut jantung saat pertandingan Kolumbia versus Inggris berakhir dengan adu penalti. Demikian juga pada laga Kroasia versus tuan rumah Russia, denyut jantung meningkat hingga melampaui 100 bpm (beat per minute).

Peningkatan denyut jantung terjadi lebih tinggi saat menonton pertandingan-pertandingan yang menegangkan. Padahal, sama-sama dilakukan sambil duduk. Ini menunjukkan bahwa jantung menjadi lebih aktif, seperti ketika seseorang berolahraga.

Hubungan antara nonton pertandingan sepakbola dengan peningkatan kerja jantung telah diteliti selama bertahun-tahun. Pada 1996, ketika timnas Belanda dikalahkan Prancis lewat adu penalti, pada hari berikutnya dilaporkan terjadi peningkatan kasus kematian akibat serangan jantung di seluruh Belanda.
Tentunya ada banyak faktor yang berpengaruh pada kerja jantung. Menonton sepakbola sambil mengonsumsi minuman berenergi tentu akan memacu kerja jantung, demikian pula dengan camilan-camilan tinggi lemak dan gula.

Namun faktor emosi yang intens selama pertandingan berlangsung juga tidak bisa dikesampingkan. Momen-momen menegangkan sepanjang 2 kali 45 menit, mau tidak mau akan memaksa jantung untuk berdebar-debar.

"Mungkin emosi dari pertandingan yang intens tersebut yang memicu serangan jantung," kata Robert Kloner, direktur penelitian kardiovaskular di Huntington Medical Research Institutes di California, dikutip dari The verge.



Majalah Analisaqq

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.