Header Ads

Jangan Menyepelekan Dan Kamu Harus Waspadai 7 Penyebab Ketombe Parah

Image result for image 7 Penyebab Ketombe Parah yang Harus Kamu Waspadai, Jangan Disepelekan


Majalah Analisaqq -  Ketombe atau Pityriasis simplex capillitti merupakan salah satu masalah rambut yang cukup membuat resah. Ketombe merupakan kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Hal ini biasa terjadi pada banyak orang.

Namun, berketombe bagi sebagian orang tentu membuat tidak percaya diri. Hal itu karena seperti ada 'salju' yang terus menerus turun dan mengotori baju.

Tidak hanya mengotori pakaian dengan serpihan putih yang jatuh di bagian bahu. Akan tapi juga gatal-gatal di kulit kepala dan terkadang dibarengi dengan rambut rontok parah. Untuk menghadapinya, diperlukan cara ampuh menghilangkan ketombe, dengan melihat penyebab ketombe.

Serpihan putih yang biasa disebut ketombe tak hanya bisa muncul di kulit kepala, tetapi juga di tempat lain seperti alis mata, telinga, hidung, atau tempat lain di mana kulit tubuh menghasilkan banyak minyak. Bagi sebagian orang sudah mencoba mengatasi ketombe dengan memakai produk shampoo khusus anti-ketombe.

Bagi kamu yang memiliki masalah ketombe sudah masuk pada tahap level parah, ada baiknya harus segera mencari alternatif untuk menghilangkannya. Sebelum mencari solusinya, ada baiknya kamu perhatikan terlebih dahulu penyebabnya. Berikut Analisa.com rangkum penyebab ketombe parah yang harus kamu perhatikan dan jangan disepelekan, Rabu (6/3/2019).

1. Penyebab ketombe parah karena kulit kepala kering dan kotor

Ini merupakan penyebab ketombe yang paling umum. Jika tidak ditangani dengan tepat, akan terjadi penumpukan sel-sel kulit yang mati dan kering. Akibatnya, kamu mengalami ketombe parah sepanjang tahun.

Kulit kepala yang kering dan terkelupas sebenarnya adalah karena terlalu berminyak. Ketombe adalah pertumbuhan jamur yang berlebih. Jamur memakan kelebihan minyak dan sel kulit mati.

Sel kulit mati kemudian menggumpal dan menjadi serpihan ketombe. Tidak hanya itu, kulit kepala yang kotor dapat menyebabkan ketombe parah. Sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala, akan mengering dan berjatuhan dalam bentuk serpihan putih.

Selain itu, kondisi rambut yang kotor merupakan lingkungan yang baik bagi bakteri dan jamur penyebab ketombe. Hindari dengan rutin keramas untuk menjaga kulit kepala tetap bersih.

2. Penyebab ketombe parah karena Yeast Sensitivity dan Seborrheic Dermatitis

Apakah kamu menghindari makanan tertentu karena alergi pada yeast atau mengalami ketombe parah saat cuaca dingin ketimbang panas? Ini bisa jadi alasan bagaimana ketombe muncul di kulit kepalamu. Pertumbuhan jamur akibat cuaca yang lembab, menjadi penyebab ketombe yang wajib diwaspadai.

Sedangkan untuk Seborrheic dermatitis ini ditandai dengan gatal-gatal dan iritasi, yang disebabkan oleh kelebihan produksi minyak di kulit kepala. Kondisi ini merangkap kotoran dan sel kulit mati, sehingga menjadi penyebab ketombe berkerak. Keramas secara rutin, terutama jika berada di lingkungan yang penuh polusi, dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan ketombe.

3. Penyebab ketombe parah karena stres dan malas menyisir rambut

Tidak hanya menyebabkan rambut rontok parah, stres yang dialami dapat menjadi penyebab ketombe parah. Sebagai cara menghilangkan ketombe dengan cepat, penuhi kebutuhan tidur sebanyak 8 jam dan lakukan rileksasi atau pemijatan, untuk membuat badan dan pikiran terasa segar.

Rajin menyisir rambut tidak hanya membuat rambut tetap lembut, tapi juga membersihkan rambut dari kotoran dan serpihan kulit kepala yang mengering. Lakukan setiap hari sebagai cara menghilangkan ketombe, dengan menghindari penumpukan sel-sel kulit mati di kulit kepala.

4. Penyebab ketombe parah karena Malassezia

Kita semua memiliki Malassezia, jenis jamur yang hidup di permukaan kulit yang memakan sel-sel kulit mati dan minyak di kulit kepala. Walaupun sebenarnya membantu kita, kelebihan minyak, kotoran, dan tumpukan kulit mati di kulit kepala dapat memicu perkembangannya dan menjadi penyebab ketombe.

Sebagai cara ampuh menghilangkan ketombe, cuci rambut dengan shampo anti ketombe secara teratur, untuk mengendalikan populasi jamur ini.

5. Penyebab ketombe parah karena pola dan kebiasaan makan

Pola makan yang baik merupakan kunci untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Sebagai cara alami menghilangkan ketombe, coba masukkan sayuran dan buah-buahan segar. Tidak hanya mengatasi ketombe, tapi juga menjadi cara merawat rambut rontok.

6. Penyebab ketombe parah karena cuaca

Faktor luar yang memengaruhi datangnya ketombe adalah cuaca. Jika memang cuaca sedang begitu terik, coba dinginkan bagian tubuh dan kepala agar ketombe tak mudah datang.

Panas di kepala baik mulai dari penggunaan hair dryer atau kerudung, kepala yang kepanasan juga bisa bikin sel kulit cepat mati dan berubah menjadi ketombe. Jadi kurangi penggunaan hair dryer atau gunakan bahan kerudung yang lebih nyaman untuk mencegah ketombe.

7. Penyebab ketombe parah jarang keramas dan terlalu sering keramas

Pastikan kamu mencuci rambut setiap hari, setidaknya cuci rambut tiga hari sekali saja. Sebab, waktu keramas juga memiliki dampak terhadap munculnya ketombe. Umumnya dermatolog tak akan menyarankan kamu untuk keramas setiap hari, karena hal ini akan menghilangkan minyak alami rambut dan membuat kulit kepala iritasi.

AnalisaQQ™


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.