Header Ads

Sering Sendawa Bisa Berbahaya pada 6 Kondisi Berikut

Image result for sendawa

Jakarta - Sendawa terjadi karena ada gas berlebih di lambung, baik yang dihasilkan oleh proses pencernaan maupun tak sengaja tertelan. Sesekali terjadi bisa dikatakan wajar, tetapi hati-hati bila berlebihan dan disertai gejala tertentu.

Beberapa kondisi atau gejala yang perlu diwaspadai bila menyertai sendawa berlebih adalah sebagai berikut.

1. Disertai muntah
Sendawa yang disertai mual dan muntah bisa menandakan kondisi berbahaya. Rabia De Latour, pakar pencernaan dari New York University School of Medicine, mengatakan obstruksi atau kerusakan lambung bisa jadi penyebabnya. Bisa juga menandakan flu perut, infeksi, atau bahkan kanker.

2. Kembung banget
Perut penuh oleh gas bisa terjadi karena banyak udara tertelan tanpa sengaja. Tapi bisa juga menandakan terjadi obstruksi atau kerusakan lambung.

3. Nyeri di tulang rusuk
Hiatal hernia merupakan kondisi yang menyebabkan lambung mendesak esofagus atau kerongkongan. Bukan suatu kedaruratan, tetapi memang tidak nyaman karena bisa menyebabkan sering sendawa.

4. Kerongkongan perih
Nyeri di kerongkongan saat sendawa menandakan ada asam lambung yang terbawa. Ini adalah gejala Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD.

5. Disertai penurunan berat badan
Tidak sedang diet tetapi berat badan turun drastis? Waspadai berbagai kemungkinan gangguan kesehatan. Kadang-kadang sendawa berlebih disertai penurunan berat badan bisa menandakan kanker lambung.

6. Pencernaan kacau
Sendawa berlebih yang disertai diare, atau sebaliknya -- konstipasi, bisa menandakan adanya gangguan pencernaan. Bisa jadi Irritable Bowel Syndrome (IBS), intoleransi laktosa, atau sensitivitas terhadap makanan tertentu.





Majalah Analisaqq

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.