Header Ads

Tempat Wisata Jogja yang Wajib Dikunjungi, Wisata Alam Sampai Pusat Oleh-Oleh

Image result for jogja

Jakarta Tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi tidak akan pernah habis, malah bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Banyak sekali tempat wisata jogja yang wajib dikunjungi, dari wisata alam hingga wisata kuliner bahkan wisata sejarahnya. 

Jogja merupakan salah satu daerah yang terkenal akan banyaknya tempat wisata. Bahkan tidak hanya wisatawan lokal yang datang untuk menikmati keindahan Jogja, wisatawan mancanegara juga sering menghabiskan waktu menjelajah Jogja dan menikmati keindahan tempat-tempat wisatanya.
Jogja juga terkenal sebagai salah satu tempat yang memiliki wisata budaya dan seni yang beragam. Berbagai pertunjukan seni, adat, dan perayaan-perayaan masih sering dilakukan di Jogja. Selain itu, Jogja juga menjadi salah satu daerah istimewa di Indonesia yang masih menggunakan sistem kerajaan dalam pemerintahannya.
Beberapa tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi dan sudah cukup terkenal adalah Candi Prambanan, Tugu Pal Putih, Jalan Malioboro, dan Pantai Parangtritis. Terlepas dari tempat wisata yang sudah cukup terkenal ini, ternyata masih banyak tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi saat kamu berada di sini setidaknya satu kali dalam seumur hidup.

Berikut ini tempat wisata di jogja yang kita rangkum

1. Berbagai Macam Pantai

Tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi adalah pantainya yang sangat banyak dan memiliki pemandangan yang beragam. Jogja memiliki puluhan pantai dengan pemandangan yang menakjubkan, berbeda-beda dan pastinya sangat menakjubkan. Tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Bali atau daerah lain di Indonesia, pantai di Jogja juga sangat menarik.
Salah satu pantai yang sudah terkenal adalah Pantai Parangtritis, Pantai Nglambor, Pantai Indrayanti, Pantai Kukup, dan masih banyak lagi. Pantai Parangtritis sangat terkenal bagi wisatawan karena merupakan tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi. Berbagai pantai di Gunungkidul dengan hamparan pasir putih juga bisa kamu kunjungi.

2. Air Terjun dan Sungai

Di Jogja juga terdapat berbagai wisata air terjun yang cukup terkenal seperti Air Terjun Sri Gethuk, Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang, Air Terjun Pulosari, dan masih banyak lagi. Air Terjun Sri Gethuk cukup terkenal karena airnya yang jernih dan kamu bisa bermain air hingga berenang di sana. Lokasi air terjun dini berada di Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul. Air terjun ini mengalir di antara tebing-tebing karst.
Selain air terjun, ada juga wisata sungai Lava bantal. Lava bantal menyajikan susur sungai dengan pemandangan alam yang masih asri dan menarik. Kemudian wisata sungai lainnya adalah Goa Pindul. Di Goa Pindul kamu bisa menikmati pemandangan goa dengan menyusuri sungai menggunakan ban yang disediakan di sana.

3. Wisata Gunung

Di Jogja kamu juga bisa berwisata di daerah pegunungan dan dataran tinggi seperti di daerah wisata Kaliurang, Wisata Gunung Merapi, dan Gunung Api Purba Nglanggeran. Di wisata Kaliurang, kamu bisa menaiki jeep menyusuri bekas erupsi Gunung Merapi. Di daerah Kaliurang juga terdapat banyak vila yang bisa kamu gunakan untuk tinggal dan menginap di sana.
Gunung Apu Purba Nglanggeran adalah batuan alam yang sudah berumur ribuan tahun. Spot utama dari wisata Jogja satu ini adalah alam sekitar Gunung Purba yang masih sejuk dan alami.

4. Wisata Candi

Tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi berikutnya adalah berbagai candi dan tempat-tempat peninggalan pada jaman dulu. Di Jogja terdapat beberapa candi terkenal seperti Candi Prambanan, Candi Ijo, Candi Ratu Boko, dan masih banyak lagi. Bahkan di Jogja masih banyak candi yang baru dipugar atau baru saja ditemukan dan belum diteliti lebih lanjut.
Candi Prambanan adalah wisata Jogja yang sudah terkenal dan pasti setiap wisatawan yang berkunjung kejogja menyempatkan diri untuk datang ke sana. Tapi coba kamu berkunjung ke Candi Ratu Boko, yang berada di Desa Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di sore hari.

5. Wisata Kuliner dan Oleh-oleh

Tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah wisata belanja dan wisata kuliner. Banyak tempat belanja di Jogja, dari tempat belanja modern seperti mal dan tempat belanja tradisional seperti pasar.
Salah satu pasar yang terkenal di Jogja adalah Pasar Beringharjo. Di sini dijual berbagai macam oleh-oleh khas Jogja khususnya batik. Karena Pasar Beringharjo lokasinya dekat dengan Jalan Malioboro, maka tidak ada salahnya untuk sekalian menikmati suasana Jalan Malioboro yang saat ini sudah sangat bagus dan ramah untuk pejalan kaki.
Berburu oleh-oleh di sini juga bisa kamu lakukan, tapi ingat jangan sampai kalap mata ya, karena banyaknya pilihan yang akan membuat kamu tergiur untuk membelinya.
Itulah beberapa tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi dari wisata alam, hingga wisata belanja. Masih banyak lagi tempat-tempat-tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi seperti Keraton, Taman Pelangi, berbagai Pantai, dan masih banyak lagi. Satu hari tidaklah cukup untuk mengunjungi semua wisata yang ada di Jogja. Kamu membutuhkan waktu yang lama untuk mencoba semua wisata yang ada di Jogja.



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.