Header Ads

Serangan Kedua Houthi Ke Bandara Abha Berhasil Digagalkan Saudi



Analisa - Kelompok milisi Yaman, Houthi, kembali melancarkan serangan ke Bandara Abha. Namun berbagai serangan drone tersebut berhasil digagalkan oleh angkatan udara Saudi.

Diberitakan Reuters, Houthi mengklaim melancarkan serangan drone ke bandara Abha di kota Khamis Mushait pada Jumat (14/6). Ini adalah serangan kedua Houthi ke Abha setelah serangan sebelumnya dilancarkan Rabu lalu, melukai 26 orang.

Serangan kali ini berhasil diintersepsi oleh Saudi. Menurut Saudi, ada lima drone bersenjata yang berhasil dihancurkan oleh angkatan udara Saudi. Menurut Saudi, Serangan tersebut tidak mengganggu operasional bandara. Lalu lintas udara di bandara tersebut juga berlangsung dengan normal. 

Setelah serangan pertama Houthi ke Abha, koalisi Timur Tengah untuk Yaman pimpinan Saudi menyerang balik Sanaa. Serangan tersebut diklaim menghancurkan aset-aset militer Houthi di ibu kota Yaman tersebut.

Pernyataan koalisi Saudi mengatakan, serangan tersebut mengincar "pakar asing dari organisasi teroris yang bekerja untuk Houthi". Saudi tidak menyebut kewarganegaraan mereka, namun diduga kuat yang dimaksud adalah Iran. Sebelumnya Saudi juga mengatakan bahwa Garda Revolusi Iran telah memasok senjata untuk Houthi dalam menyerang Abha.

Houthi adalah milisi Syiah yang disokong Iran untuk menggulingkan pemerintahan yang sah di Yaman. Saat ini Houthi masih menguasai Sanaa, belum dapat direbut Saudi yang mendukung Presiden Mansour Hadi.

Konflik di Yaman telah menewaskan puluhan ribu orang, tidak sedikit di antaranya warga sipil. Menurut PBB, konflik ini memicu krisis kemanusiaan dengan 24,1 juta, atau sepertiga populasi Yaman, butuh bantuan pangan dan obat-obatan.







Sponsor :










Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.