Header Ads

Jangkauan Abu Vulkanik Anak Krakatau Capai Ketinggian 10 Kilometer


Peristiwa - Data yang diterima Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukan jangkauan abu vulkanik Gunung Anak Krakatau (GAK).

"Terpantau abu vulkanik Anak Krakatau mencapai lebih dari 10 km DPL, dengan arah pergerakan debu vulkanik menuju arah barat-barat daya," kata Lutfi Fitriano, Prakirawan BMKG Pusat, Kamis (27/12/2018).

Ia melakukan pemantauan menggunakan mobil radar cuaca, di Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pos pantau Gunung Anak Krakatu tak berhasil memantau kolom abu.

Sejak pukul 06.00-12.00 WIB, Gunung Anak Krakatau tertutup kabut.

"Cuaca mendung dan hujan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur," tulis Deny Mardiono, petugas pemantau Gunung Anak Krakatau, dalam laporannya, Kamis (27/12/2018).

Gunung berapi berketinggian 338 MDPL itu, kini statusnya telah naik ke Level III atau Siaga. Sejak tahun 2012 hingga Rabu, 26 Desember 2018, Gunung Anak Krakatau berstatus Level II atau Waspada.

Terjadi satu kali gempa tektonik jauh, amplitudo 20mm, dengan lama gempa 102 detik. Lalu, terjadi getaran terus menerus dengan amplitudo 8 sampai 27 mm.

"Terdengar suara dentuman di pos pantau. Masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 kilometer dari kawah," lanjut tulisnya.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.