Header Ads

Sayangi Ginjal Anda dan Mulailah Kurangi 7 Makanan dan Minuman Ini



AnalisaQQ™ - Makanan memang merupakan sumber penghasil energi untuk tubuh kamu, sehingga kamu dapat beraktivitas dengan baik. Dan memang sebaiknya makanan dan minuman yang kamu konsumsi, haruslah memiliki gizi yang seimbang.

Namun seringkali sebagian orang suka malas memperhatikan makanan yang mereka santap, padahal nih tidak semua makanan yang disantap itu merupakan makanan sehat. Kalau kamu salah menyantap makanan, tubuhmu bisa terkena penyakit lho. Mulai dari penyakit ringan seperti diare, sampai penyakit berat seperti sakit ginjal. Serem banget kan?

Nah kalau kamu ingin menjaga kesehatan ginjalmu, kurangilah menyantap 7 makanan berikut ini.


1. Garam

Makanan yang terlalu asin, atau mengandung banyak garam tidak baik lho untuk kesehatan. Selain bisa menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi), garam berlebih juga tidak sehat untuk ginjalmu. Terlalu banyak memakan makanan asin, membuat ginjal harus mencairkan elektrolit dalam darah.


2. Daging

Menyantap hidangan yang berbahan daging, seperti steak atau iga bakar memang sangat enak. Namun makan terlalu banyak daging juga dapat memberi efek yang buruk untuk kesehatan kamu.

Selain ancaman kolesterol, menyantap daging terlalu banyak juga tidak baik untuk ginjal kamu. Protein yang ada di daging dapat meningkatkan beban kerja ginjal, dan dapat memicu timbulnya batu ginjal.


3. Teh

Minum teh memang baik untuk menjaga kesehatan, karena teh mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Tapi tidak boleh minum teh dengan berlebihan, karena dapat membahayakan ginjal kamu.

Kandungan antioksidan dalam teh memang baik untuk kesehatan tubuh, tapi kandungan oksalat dalam teh dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Karena itu minumlah teh sewajarnya saja, jangan berlebihan ya.


4. Minuman bersoda/softdrink

Hampir semua orang di dunia ini pernah mengkonsumsi minuman bersoda. Rasanya pun nikmat sekali, apalagi kalau ditambah dengan es batu dan diminum di cuaca yang panas. Tapi tahukah kamu kalau minuman bersoda ini tidak baik untuk ginjalmu?

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda, dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Karena itulah, jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda ya.


5. Kopi

Sama seperti teh dan minuman bersoda, mengkonsumsi kopi terlalu sering juga tidak sehat untuk kesehatan ginjal kamu. Kopi banyak mengandung kafein, dan kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan tekanan darah dan stres pada ginjal. Oleh karena itu, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kopi ya.


6. Pemanis buatan

Saat ini banyak sekali beredar makanan yang mengandung pemanis buatan, seperti sirup, dan minuman-minuman dalam kemasan. Pemanis buatan dapat menurunkan fungsi kerja ginjal, kalau hal ini dibiarkan terus menerus maka bisa berakibat pada kegagalan ginjal. Oleh karena itu agar ginjalmu sehat, batasilah mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan.


7. Alkohol

Satu lagi yang harus kamu kurangi untuk menjaga kesehatan ginjalmu adalah alkohol. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat merusak ginjal dan hati. Selain itu kalau kamu terlalu sering mengkonsumsi alkohol, maka ginjalmu akan mengalami penurunan fungsi. Alkohol juga dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Seram banget kan?

Nah itulah 7 makanan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal. Kalau kamu termasuk penggemar dari makanan-makanan diatas, kurangilah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut mulai dari sekarang. Jagalah kesehatan ginjalmu, karena ginjal punya peranan yang sangat penting di dalam tubuhmu.




Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.