Header Ads

8 Tips Untuk Mengembalikan Waktu Tidur yang Terganggu Akibat Liburan



AnalisaQQ™ - Libur panjang sudah selesai. Waktunya kembali bekerja atau sekolah nih. Tapi yakin nih bisa bangun? Mengingat kemarin waktu tahun baruan pasti pada begadang semua, pasti waktu tidurmu sekarang lagi kacau-kacaunya. Entah kamu baru tidur jam tiga pagi atau malahan gak tidur sama sekali.

Hati-hati, kurang tidur membuatmu lemas dan malas beraktfitas di pagi hari lho. Belum lagi resiko terkena serangan jantung yang lebih besar. Itu berarti kamu harus kembali mengatur waktu tidurmu. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantumu mengembalikan rutinitas istirahatmu tersebut.


1. Lakukan hal-hal yang menenangkan

Saat mendekati waktu tidur yang diinginkan, kamu bisa mandi air hangat atau mendengarkan musik yang tenang terlebih dahulu. Itu agar tubuhmu lemas dan nyaman untuk masuk ke siklus tidur.


2. Dapatkan cahaya pagi

Cahaya memberitahu waktu alami tubuhmu untuk terbangun. Untuk membantu proses ini, nyalakan lampu yang terang, membuka jendela atau jalan-jalan di pagi hari. Itu dapat mengatur ulang jadwal tidurmu.


3. Biarkan malammu gelap

Matikan lampu saat waktunya tidur serta jangan biarkan hal-hal seperti layar monitor laptop atau ponselmu menyala di sampingmu. Cahaya akan membuatmu otakmu waspada dan tetap terjaga.


4. Berolahraga

Melatih ototmu untuk lebih kuat membantumu untuk lebih mudah tidur. Faktanya mereka yang berolahraga kurang lebih setidaknya 150 menit dalam seminggu memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari dan lebih mudah bangun di pagi hari.


5. Perhatikan apa dan kapan kamu makan

Organ-organ tubuh di dalam kita juga memiliki waktu sendiri untuk beraktifitas. Terlambat makan dalam bentuk makanan berat akan dapat mengubah ritme kerja tubuh. Makanlah kalori ketika memulai hari dan selanjutnya ringan untuk membantu tidurmu.


6. Usahakan waktu tidur siang sebentar

Jika kamu memiliki kesempatan melakukan tidur siang, usahakan jangan terlalu lama. Paling baik adalah 20 menit hingga satu jam. Lebih dari itu, tubuhmu akan mengenalinya sebagai waktu tidur dan akan merubah siklus tidurmu.


7. Gunakan obat tidur

Masalah tidurmu dapat diatasi dengan meminum obat tidur. Tetapi kamu perlu mengatur waktu konsumsinya. Solusi ini berguna untuk sesekali, namun tidak disarankan untuk jangka waktu lama.


8. Beraktifitaslah dalam satu shift

Memang setelah liburan, waktu kerja atau belajarmu akan kacau, namun jangan memaksakan diri melakukannya. Batasi seperti jam lima sore sudah harus berhenti, tidak peduli apa yang terjadi. Beraktifitas di atas jam tidur akan merusak jadwal tidurmu.

Jika benar-benar terpaksa harus begadang untuk menyelesaikan pekerjaan, gunakanlah kacamata hitam ketika berangkat kerja sampai berada di ruangan yang memiliki cahaya terbatas dan saat pulang, tidurlah penuh untuk 7-9 jam.

Ayo, segera atur kembali waktu tidurmu. Habis gini sudah masuk Senin lagi lho ya. Kamu pasti gak mau kegiatan hari pertama dalam satu minggu itu menjadi kacau gara-gara waktu tidurmu gak jelas.




Tidak ada komentar

Gambar tema oleh compassandcamera. Diberdayakan oleh Blogger.